NDB adalah sebuah Alat navigasi yang berfungsi agar pilot dapat mengetahui keberadaannya terhadap NDB……..

Tp sebenarnya peralatan ini sudah kadaluarsa (basi………) karena alat ini sudah dapat di back up oleh VOR dan DME dan letak presisi pesawat terhadap peralatan dapat lebih mudah diketahui oleh pilot dari pada ia menggunakan NDB………. WHY???????

Bila PILOT berpatokan pada NDB ……… maka ia akan mendengarkan SANDI-SANDI berupa kode MORSE yang dikeluarkan oleh NDB tersebut misalnya ia berada di MAKASSAR pilot hanya mendengarkan kode morse “O dan J” (OJ) itu artinya ia diwilayah makassar dan bila di manado dia mendengar kode morse “M dan D” (MD) itu artinya ia di manado
1
jadi NDB bekerja dengan menggunakan KODE2 MORSE yang kemudian dipancarkan oleh antena ke segala arah………….. jd NDB memiliki PA (Power Amplifier) yang besar…….. dan rata2 masalah terletak pada PA ini yang sering rusak karena PANAS………….

range frekuensi NDB berada pada 190 KHz sampai 1750 KHz berdasarkan Annex 10 vol 1dari ICAO…..
dan KM no 28 tahun 2005
Berdasarkan fungsinya, NDB dapat dibedakan atas :

1. Homing = NDB yang berfungsi dimana suatu pesawat akan menuju ke NDB tersebut. Dengan demikian maka NDB akan mengarahkan pesawat untuk melaluinya dan selanjutnya akan membimbing pesawat tersebut ke Bandar udara yang dituju.
2.  Locater = NDB yang berfungsi sebagai locater berarti NDB tersebut merupakan patokan bagi pesawat. NDB yang berfungsi sebagai suatu locater biasanya ditempatkan pada tempat tertentu, agar jika pesawat melewati NDB tersebut maka pilot akan mengetauhi dimana posisinya sekarang.

3.   En-route = NDB berfungsi sebagai en-route berarti NDB tersebut hanya memberikan kode bagi penerbang lintas. Sebagai contoh sebuah pesawat dari Jakarta akan ke Ambon tanpa transit di Bandar Udara Hasanuddin Ujung Pandang.
4.  Holding = NDB berfungsi sebagai Holding berarti NDB tersebut menjadi patokan bagi pilot untuk terbang berputar-putar dan menunggu giliran untuk mendarat yang mana tentunya akan diberikan oleh ATC ( Air Traffic Control )

Peralatan navigasi NDB ini mempunyai jarak jangkauan yang beragam jauhnya. ada tiga kategori jarak yang dipergunakan yaitu :
 1. Jarak dekat (low Range) berukuran 50 Nm
2. Jarak sedang (Medium Range) berukuran 150 Nm
3. Jarak jauh (long Renge) berukuran 300 Nm
sedangkan berdasarkan besaran power output yang dihasilkan, NDB dapat dibedakan atas :
  1. Low Range (LR) = NDB dengan power out 50 – 100 W, jarak jangkauannya antara 50 – 100 NM.
  2. Medium Range (MR) =  NDB dengan power out max 1000 W, jarak jangkauannya ≤ 500 NM.
  3. High Range (HR) = NDB dengan power out max 3000 W, jarak jangkauannya ≥ 500 NM.
Nah untuk mengetahui LETAK dari NDB ini maka di pesawat di butuhkan Alat yang bernama ADF (Automatic Direction Finder) seperti namanya ADF ini berfungsi untuk mengetahui Arah dari Suara NDB tersebut hehehehehehe…..

ADF

About hatta16

Dari kecil sy beragama ISLAM Sy haxlah org yg rindu dgn kesejukan air,hangatx matahari,n keindahan pd malam hari..... org yg rindu akn kesederhanaan org yg rindu dgn kesabaran org yg rindu akn kasih sayang org yg rindu akn KEMATIAN yg baik https://hatta16.wordpress.com/

3 responses »

  1. kautsar yusuf mengatakan:

    teorinya di perbaiki sedikit yah…… terutama mengenai antenenya… tidak semua pake antena segala arah…. di ceklah baik baik…. terus kalau pa rusak ndb pasti tidak mancar.. jangan mengatakan ndb itu basi… soalnya di indonesia daerahnya penuh bukit dan gunung jadi bernavigasi dengan DVOR tidak terlalu efektif ndb yang paling baik ” pasti kamu tau teori rambat gelombang di udara ” ok bos….

    hatta menjawab: siap komandan…….

  2. kusuma anugrah mengatakan:

    om, ada tambahan KM no 28 tahun 2005 SNI NDB

    hatta menjawab: Oke makasih Mas udah ditambah

  3. nitha mengatakan:

    kalo dah basi sekarang masih digunain nggk mas..??????

    hatta menjawab: Masih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s